Arsitekjahat

Posted: September 11, 2010 in Uncategorized
Tags: ,
klik here

ARSITEKJAHAT.COM

kami sudah punya rumah baru , klik disini tuk lihat rumah kami yang baru

(2010)
Arsitek : Widi Cahya Yudhanta,
Struktur: Sinto A. Nugroho
Lokasi : Jakarta,Indonesia
Status: Proposal Desain
depan

food courd

Rasa Nusantara Sahaja.

Projek ini merupakan proposal desain yang dibuat pertengahan tahun untuk sebuah tempat makan yang berada di Jakarta. Konsep Utama dari proposal ini merupakan hasil dari angan2 yang dituangkan dalam bentuk email oleh si empunya….kira2 bunyi permintaan email nya gini:

” suasana tempat yaitu etnik, lalu tempatnya dibuat agak tinggi dari tanah supaya terlihat tinggi, setiap counter di batasi dengan sekat2 setinggi 2 meter, setiap counter berukuran 2m x 3m dan 3m x 4m (di sesuaikan dengan ukuran lokasi), atap nya di buat seperti hanggar”

Membangun Konsep

nah, setelah liat foto site dan lingkungan yang merupakan ex- pool bus. Di coba untuk mengembangkan ide tersebut, Keluarlah Ide ehmm,,,, RASA NUSANTARA sahaja, kenapa kok rasa nusatara? alasan pertama, ini merupakan tempat makan (naif) jadi kelaurlah kara rasa..hehe, ke 2 gimana cara membangun bentuk etnik, disini di coba untuk mengembangkan  tidak mengambil satu langam arsitektur ke-daerah-an tapi di coba mengambil langam Nusantara yang terbuka sehingga dapat dimasuka ornamen apa saja sesuai konsep interior yang akan di “jual”, Ke 3 untuk menanggapi bentuk hanggar maka di buat bangunan bentang panjang sehingga dapat di minimal kan kolom, sehingga dapat memperluas ruang dan dapat dilihat dari jalan luar karena bangunan berada di dalam. [baca lengkap disini]

Copyright@ arsitekjahat.std 2010.Yogyakarta.Indonesia

Hasil dan Akibat penatnya mengerjakan thesis dan mengisi sela-sela ruang pikir yang kosong akibat bingung mencari kata-kata yang cocok untuk di ketikkan dalam Ms word, maka iseng2 buka kembali hobi lama otak atik foto teman cari yang lucu dan bisa di rubah menjadi satu yang “lucu”…

jong Java
artwork 02 (jong Java)

Ni, yang di gambar namanya OMEN nama aslinya malah susah diinget, orangnya jago klo suruh korek2 Motor, apalagi tuk motor BALAPan liar.ga ada tandingannya…cuman modal denger suara motor aja dia tau tu ukuran ring seher..mantafff surmantaf…..aku inget ni gambar pas lagi nikahan temen…tu blankon pinjeman punya panitia…..orang pada sibuk eh malah foto2…hehe…klo diliat ni gambar mirip ma Jend. Sudirman, jangan2 dia punya hubungan sodara…….(piss)

ekspresi kan dirimu
artwork 01

nah, yang ini namanya kemponk, nama aslinya lagi2 susah di inget…..ekpresinya lucu, pake pamer2 gigi..hehe…piss, hasil gamabr nya rada ga mirip si ma aslinya, aslinya lebih “mudA” yang ini terlihat tua, gara2 arsirannya, maklum masih belajar. ni gamabar lucu liat aja ekpresinya pamer2 gigi, sori ponk yang dicari emang yang lucu, klo posisi ganteng dah banyak di FB…hehe….

Copyright@ arsitekjahat.std 2010.Yogyakarta.Indonesia

Pemilik: Sdr. Adi (2010)
Arsitek : Widi Cahya Yudhanta
Lokasi: Janti, Yogjakarta
Status : Sedang Konstruksi..

Rumah ke-Jepit

MEMBUAT RUMAH BEBAS BERNAFAS…..

Nama Rumah ke-Jepit di ambil dari letak site yang terjepit diantara bangunan sehingga susah untuk “bernafas dan bergerak”. Letak Site sangat menatang untuk di selesaikan karena diperlukan penyelesaian yang ekstra sehingga di dapat rumah yang nyaman untuk di tinggali.

-Melihat Permasalahan

Dalam merancang rumah ini yang pertama saia lakukan adalah mendengarkan cerita dan curhatan sang empunya tentang lokasi dan site yang akan di rencanakan. dari hasil Curhatan ada beberapa permasalahan yang timbul,1) site terletak di tengah bangunan, sehingga cahaya dan udara sangat kurang di dapat  2) jalan menuju entrace site yang sangat kecil.

-Membangun Konsep

Dari ke 2 permasalahn inti yang di dapat dari hasil curhatan yang empunya maka di coba membangun beberapa konsep yang di harapkan dapat membantu rumah untuk “bernafas dan bergerak”. Bangunan di buat menjadi 2 lantai, sesuai dengan pesanan yang empunya yang ingin 2 lantai.site yang berbentuk segi empat di buat full bangunan karena kebutuhan ruang yang mengharuskan memanfaatkan semua lahan. Bangunan di buat dengan bentuk yang relatif sederhana karena lingkungan kampung yang sangat ” ngampung” jadi tidak membuat rumah menjadi arogan di lingkungannya. Jadi bentuk2 lebih banyak mengadopsi dari bentuk bangunan di sekitar lingkungan.  atap kampung, tritisan kampung dengan sedikit di kombinasi bentuk2 minimalis untuk menimimaliskan harga bangunan sehingga mengurangi cost bangunan..[baca lengkap disini]

copyright@ arsitekjahat.std 2010.yogyakarta.indonesia

pemilik: Andre
lokasi : Palembang
arsitek : Widi Cahya Yudhanta
status: konstruksi

“YANG PENTING BAGUS AJA…………..”

wah binggung ni sebenernya mau kasih nama apa tuk ni judul project yang ini, sepertinya yang cocok tropis modern house aja yach, karena terletak di iklim yang tropis, dan di sesuaikan dengan kontek lagi musim minimalis modern.

saat pertama di kasih kepercayaan buat desain ni proyek agak binggun mau di buat apa yach karena kebetulan yang punya temen sendiri jadi di kasih kebebasan mau buat apa yang penting bagus..wah berat ni kalo ada kata2 yang penting bagus. jadi Kata utama yang jadi konsep  “yang penting bagus….”

ehmmm…berfikir sejenak apa ya yang cocok tu buat temen yang kebetulan suka nya gambar (klo mau pesen karikatur boleh tu ma dia, keren hasilnya..ops.iklan sedikit..he) ..setalah berfikit dengan keras sekeras2nya, keluarlah ide bagaimana jika minimalis..dalam hal ini minimalsi harga bangunannya…dan pasti setuju..hahha….proses kedua saia coba mengali apa si kemauan dari owner, kebetulan dia sudah memcari beberapa contoh gamabar yang dia suka..teryata semua bentuk minimalsi modern yang kebetulan lagi trend sekarang ini…setelah tau kemauan si temanbaru lah kita melihat2 site yang ada……..yuk mari……..

PENGELOLAAN SITE

site berbentuk segi panjang memanjang ke arah jalan. ukuran site adalah 20x 13 dah di rencanakan ukuran rumah adalah 9 x13 m disesuaikan dengan kebutuhan ruang. selelah di renungkan di telaah dan di simpulkan, site di bagi menjadi 3 bagian,yaitu area garasi yang akan di gunakan sebagai toko (rencana kedepan), rumah induk dan halaman samping.  dalam memengelola program ruang hal yang menjadi perhatian adalah arah sinar matahari dan perletakan ruang. Dalam hal ini ruang tidur dan ruang keluarga serta taman samping diletakan di arah timur sehingga sinar mata hari pagi mengenai ruang, dan kebetulan ada musholah yang harus diletakan paling ujung barat sehingga pas menghadap kiblat tanpa bersampingan dengan ruang lain. [baca lengkap disini]

copyright@ arsitekjahat.std 2010.yogyakarta.indonesia

Lomba Desain Furniture(2005)

Baru buka2 data lama jaman kuliah dahulu eh ketemu file lomba desain furniture yang di selengarakan oleh ugm tahun 2005 klo ga salah.masukin ajalah ke blog dari pada tersimpan di kumputer usang dan tua serta lapuk di makan usia..(lebay…).coba inget2 konsep nya,klo ga salah dulu TOR nya di suruh buat model furniture dengan sistem knock down untuk sebuah departemen sehingga bisa di buat secara  masal dan untuk memudahkan dalam pengepakan karena untuk di ekspor [baca lengkap disini]

copyright@ arsitekjahat.std 2010.yogyakarta.indonesia

RUANG PUBLIK VERTIKAL(KALI CODE YOGYAKARTA)

SAYEMBARA SUSTAINABLE DEVELOPMENT 50 TH IAI
(PEMENANG PENGHARGAAN )
*(reinaldi halid, prayudi batara kresna BT , widi cahya yudhanta)

Keterbatasan Lahan dan Pemanfaatan Lahan Terlantar

Kelurahan Tegal panggung dan Suryatmajan merupakan salah satu kelurahan yang letaknya berada di sekitar pusat Kota Yogyakarta. Kedua kelurahan berbeda secara administratif dengan aliran kali code sebagai pembatas wilayahnya. Sepanjang batas kedua kelurahan ini merupakan permukiman tepian kali yang cukup padat. Sepintas lalu hampir tidak ada lahan tersisa di permukiman tepian code. Jika diamati semua sudut ruang luar dapat menjadi bagian dari aktifitas warga berkumpul, bermain bahkan  aktifitas rumah tangga. Tanah di sudut kampung yang masih tersisa pun dijadikan ruang hijau untuk tanaman penghias meskipun hanya sedikit kekurangan lahan tentulah semakin terasa dari tahun ke tahun.

Kebutuhan akan ruang luar bagi aktifitas warga tersebut sudah “ngepas”. Warga merasa tempat anak-anak bermain sudah berkurang sementara kebutuhan huni dan pembangunan fungsi-fungsi sosial akan terus berlanjut sesuai kebutuhan warga dan pastinya akan memakan lahan lagi. Jika dilihat dari kenyataan tersebut, isu keruangan pada lokasi pengamatan adalah lahan yang sudah berkurang. Hal ini mendorong untuk membuka peluang, mencari dan menggunakan potensi dari lahan-lahan terlantar yang bisa dimanfaatkan untuk pengembangan ruang publik. [baca lengkap disini]

copyright@arstkjht.std.reinaldihalid.yudi batara. 2010

transit shalter

MIX-USE TRANSIT SHELTER TERMINAL

Jakarta merupakan sebuah kota dengan tingkat kepadatan yang sangat amat padat, dengan pertumbuhan kota yang sangat cepat dimn dibutuhkan sebuah transpotartsi masal yang sangat baik untuk mengakomodasi kebutuhan penduduknya.

Beberapa waktu lalu muncul gagasan dari gubernur Jakarta guna membuat moda transportasi yang terkonektifitas secara makro untuk kota jakarta, pertama yang dilakukan adalah  bus way, walau tetap meninggalkan masalah tapi dirasa berhasil guna sedikit menanggukangi maslah yang ada (lebih baik memulai dari pada diam). selanjutnya berhembus model transfortasi baru akan dikembangkan  yaitu mono-rel dan sub-way. mungkin harapannya dengan adanya ke 3 moda transfortasi tersebut maka kemacetan kota jakarta dapat teratasi.[baca lengkap disini]

copyright@ arstkjht.std 2010, jogjakarta

ini adalah beberapa modeling karakter yang saia buat di tahun 2009, mengambarkan beberpa tokoh yang saat itu sedang di gemari, terutaam saia…hehe ada robot2an, ada karakter anak kecil yang bawel………

klik gambar tuk keterangan gambar..........“cam on”

klik gambar tuk keterangan......“amelia”

klik gambar tuk keterangan“autobox”

thakns to adnan n yudi untuk pinjem kumputernya buat rendering……….

copyright@ arstkjht.std 2009 jogjakarta

….yang sederhana saja..

Rumah ini di desain akhir taun 2009 dengan luas tanah 14  x 16 meter berlokasi di Kota Metro, Lampung.saat mengarap desain rumah ini saia di beri keleluasaan yang sangat luas untuk menuangkan ide sesuai dengan apa yang saia suka tpi permintaan dari pemilik adalah “buat yang sederhana saja yach biar ga mahal“.

Saat mendesain rumah ini saia sangat memepertimbangkan letak site terhadap lingkungan, kebetulan site terletak persis disamping  Masjid Kampung, jadi pertimbagan utama saia adlah bagaimana menciptakan rumah yang tidak terkesan arogan, hal ini guna menghargai mesjid sebagai simbol utama dari umat islam. setelah mencoba analisis site dari letak serta hadap matahari maka muncul beberapa ide…[baca lengkap disini]

model ini saia kasih nama mr. batikus javanivus yang saia artikan orang jawa harus suka batik….heheh aneh yach……wes rapo po wess……idenya dari pas lagi marak2 nya orang indonesia kena pobia batik, sebernernya saia juga kena pobia batik…..tapi mungkin cara apresiasinya beda, mungkin orang2 langsung ke pasar beli batik, wah tak punya uang ni saia akhirnya ya sudahlah tak pa2….kita pasang aja di modeling ini aja……….akhirnya jadilah mr batikus javanivus………[baca lengkap disini..]

Uniknya Simple

Sesuai dengan konsep utamanya uniknya simple Kotak dipilih menjadi bentuk utama, hal ini dikarenankan kotak mempunyai bentuk yang sangat sederhana dari sebuah geometri. Sehingga memudahkan dalam membentuk fasad. Dengan kenukan bentuk tersebut maka rumah ini di desain, sehingga bentuk dari fasad dan denah menjadi lebih simple dan tidak “ruwet” dengan terlalu banyak ornamen. Hal ini juga untuk mengakali pengeluaran yang untuk membeli material sehingga Harga bangunan bisa di minimaliskan..[baca lengkap disini....]

Mari menari diatas ombak

Indonesia adalah negara dengan jumlah laut yang lebih banyak ketimbang daratan. Potensi ini yang menjadi hal menarik yang kurang dimanfaatkan dengan baik.

Bangunan adalah hotel and resort. Yang letaknya berada di tengah laut.sehingga para wisatawan benar2 menikmati sensati menjadi “pelaut” . Bangunan didesain dengan masa yang berbeda yaitu 2 masa besar dan beberapa masa kecil dengan konsep cottage. …baca lengkap disini..

hasil salah satu skett salah satu spot sub kawasan dari sebuah seyembara yang di buang sayang. Kawasan terletak di pinggir samudra hindia yang terkenal dengan pasir yang putih (begitu informasi dari TOR ). Mempunyai alam yang apik dan sangat eksostis..
Fasilitas telah ditentukan oleh panitia sayembara yaitu hotel dan resort serta fasilitas penunjang yang ditentukan sendiri oleh peserta, baca lengkap disini…

Ide dari rumah balon muncul dari sebuah sketsa saat sedang kerja kelompok menggerjakan sebuah sayembara tentang sebuah kawasan pasca tambang yang di selengkarakan sebuah uiversitas dengan inisial I.T.B .
Setelah berdebat panjang Munculnya kebuntuaan ide bagaimana menciptakan sebuah kawasan yang berwawasan lingkungan kerennya si green architecture.
Bagaimana sebuah kota/fasilitas baru berkomunikasi dengan alam, tidak merusak (padalah kalo membangun pasti merusak minimal merubah…giman donk gan?….). Kata kuncinya alam, masyarakat, reklamasi, dan bangunan, baca lengkap disini….